#Dunia Kerja

Fresh Graduate: Begini Cara Membangun Networking yang Tepat

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

2 Februari 2024

KARIRLINK.ID - Kesempatan bisa datang dari mana saja, sering kali ungkapan itu muncul sebagai penyemangat untuk orang-orang yang baru memulai kariernya. Mau bekerja atau membangun usaha, kamu membutuhkan jejaring untuk menemukan peluang, menambah kenalan atau mengetahui informasi terbaru seputar bidang yang kamu geluti.

Membangun networking bukan cuman perihal banyak kontak yang kamu kenal. Namun lebih dari itu, networking membutuhkan kemampuan komunikasi dan social skill sehingga interaksi yang sudah terbangun bisa terjalin dalam waktu yang lama.

Saat mencari kerja, tidak jarang fresh graduate bisa mendapatkan informasi lowongan karena memiliki jaringan. Informasi yang meluas itulah menjadi kesempatan bagi calon pelamar. Kalau sudah mengetahui manfaat yang bisa didapatkan seperti itu, apa masih ragu untuk membangun networking? Selanjutnya, yuk simak cara membangun networking, cek dibawah ini ya!

Baca juga:  Mau Kerja Fleksibel dan Gak Perlu ke Kantor? Work From Anywhere Solusinya

Cara Membangun Networking

  • Tingkatkan Kepercayaan Diri

Networking menuntut kamu untuk bisa berkomunikasi aktif bahkan dengan orang yang belum dikenal sebelumnya. Kamu tidak pernah tau akan bertemu dengan siapa serta dalam kondisi seperti apa. Oleh sebab itu, kamu harus meningkatkan kepercayaan terlebih dulu, sebelum bertemu dengan orang banyak.

Selain itu, orang yang percaya diri akan lebih mudah untuk mengembangkan diri. Sehingga, mereka terhindar dari keragu-raguan. Hal ini sangat penting, karena saat kamu bertemu dengan banyak orang akan mendapatkan informasi lebih banyak.

Jika kamu menyerap informasi terlalu banyak, layaknya spon. Kalai informasi yang kamu dapatkan positif, tentu akan bagus. Namun, bagaimana informasi yang kamu dapatkan negatif dan kamu penuh keragu-raguan? Kamu bisa menjadi terombang-ambing dengan opini orang lain.

  • Jangan Malu Memulai Duluan

Komunikasi bisa dilakukan kalau ada 2 orang atau lebih untuk menyampaikan komunikasi. Sehingga, komunikasi akan terjadi jika ada orang memulainya. Nah, untuk itu kamu harus memulai komunikasinya.

Faktanya, sebagian dari kita pasti pernah mengalami momen memalukan. Setelah itu terjadi, kita merasa tidak nyaman, agak takut dan menurunkan kepercayaan diri.  Tentu hal tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. 

Punya keinginan membangun networking harus diiringi dengan keinginan untuk berkomunikasi. Jadi, buang jauh-jauh rasa malu itu, ya. Eits tapi ingat, jangan malu-maluin, loh.

  • Ikut dan Aktif Komunitas

Untuk mengetahui manfaatnya aktif komunitas akan kamu rasakan jika terjun langsung. Berada di antara orang-orang yang memiliki passion yang sama dapat membuka pikiran dan memberikan informasi kepadamu.

Mengikuti komunitas ini tergantung dengan tujuan yang kamu inginkan. Kamu bisa mengikuti komunitas yang mendukung passion atau bidang pekerjaan. Misalnya, komunitas mengajar jika kamu ingin menjadi seorang guru.

  • Ikuti Kepanitiaan

Semasa menjadi mahasiswa, kamu tertarik nggak mengikuti kepanitiaan? Meskipun sering diledek sebagai budak proker ‘program kerja’, mengikuti kepanitiaan dapat berguna untuk membangun networking, loh.

Saat kepanitiaan kamu akan bekerjasama dengan senior yang memiliki lebih banyak pengalaman dari kamu. Jangan disia-siakan, kamu bisa membangun komunikasi dengan mereka. Selain itu, kamu juga bisa belajar beradaptasi dengan berbagai karakter orang dalam satu tim. 

  • Mengikuti Kompetisi 

Nggak cuma dapat hadiah, loh. Dengan mengikuti kompetisi atau networking, kamu berpeluang untuk bertemu dengan kenalan baru. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang yang hebat  di bidangnya. Mereka itu bisa jadi sumber informasi dan teman baru untuk menjalin kerjasama kedepannya.

  • Melalui Media Sosial

Berkenalan dengan seseorang tidak harus bertemu langsung. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk membangun networking. Kamu bisa saling follow dengan kenalan dari berbagai kegiatan yang kamu datangi seperti projek komunitas atau kompetisi. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa bergabung di grup yang berisi orang-orang yang memiliki interest yang sama. Platform yang bisa kamu gunakan seperti Instagram, Telegram, dan Facebook.

  • Membangun Linkedin

Linkedin bisa menjadi sarana untuk membangun networking. Fitur yang disediakan oleh Linkedin memudahkan setiap penggunanya saling berinteraksi. Kamu bisa berbagi informasi, belajar online dan mencari peluang karier. 

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat membuat akun di Linkedin yaitu profil. Dengan hanya melihat profil, seseorang bisa menentukan apakah tertarik berkomunikasi denganmu atau tidak.

Baca juga: Yuk Coba Side Hustle! Pekerjaan Sampingan Sekaligus Jalankan Hobi

Itulah, cara Membangun dari Karirlink. Walaupun nggak mudah, tapi kamu bisa mencobanya. “Mau sih membangun networking tapi aku introvert”, Introvert atau extrovert memang sedikit banyak memberikan pengaruh pada gaya komunikasi seseorang. Tapi, perlu diingat kalau komunikasi itu adalah skill yang bisa dilatih. Jadi, nggak ada alasan lagi, ya.

Kamu mau tau informasi lainnya? Informasi seputar karier bisa kamu dapatkan di Karirlink, loh.