#CV/Portofolio

3 perbedaan cv dan surat lamaran kerja jobseeker wajib tahu

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

17 Januari 2024

KARIRLINK.ID - Perjuangan belum usai. Jangan pernah berpikir setelah bersusah payah menyelesaikan tugas akhir, kini kamu bisa berjalan mulus memasuki dunia kerja. Kenyataannya, kita yang baru saja lulus harus berjuang untuk bisa lolos seleksi kerja di antara banyaknya pelamar.

Nah, langkah awal yang bisa dilakukan untuk melamar kerja adalah dengan mempersiapkan Curriculum Vitae (CV)  dan surat lamaran kerja. Mungkin, beberapa orang masih belum tahu apa perbedaan CV dan surat lamaran kerja. Agar lebih paham dan tidak salah saat melamar, yuk simak artikel ini hingga selesai.

Baca juga:  Cara Membuat CV Bagi Fresh Graduate, Yuk Simak!

Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang berisi informasi lengkap seseorang untuk memperkenalkan dirinya kepada perusahaan. Oleh karena itu, CV harus disusun dengan baik  dan memuat informasi  yang diperlukan. Beberapa informasi yang harus dicantumkan di CV yaitu ringkasan pribadi, kontak, pendidikan, keterampilan, keahlian dan lain sebagainya. 

Ingat ya! CV ini harus ringkas dan memunculkan poin penting agar recruiter bisa tertarik dan akhirnya memilih-mu untuk masuk ke tahap seleksi selanjutnya.

Sedangkan surat lamaran adalah dokumen resmi yang diserahkan pelamar kerja kepada perusahaan agar dapat mengisi posisi tertentu. Biasanya surat lamaran kerja ini disertai dengan CV dan dokumen pendukung lainnya. 

Meskipun, banyak pelamar yang tidak membuat dokumen ini karena dirasa repot. Surat lamaran kerja ini bisa memberikan kesan pertama yang baik kepada perekrut, loh. 

Jadi guys, bisa disimpulkan ada beberapa perbedaan antara CV dan surat lamaran kerja, bisa dilihat di bawah ini:

  • Fungsi Dokumen

CV memiliki fungsi untuk pelamar agar dapat memperkenalkan diri kepada perekrut dengan menunjukkan potensi dan kualitasnya. Sehingga, CV yang menarik dan sesuai kualifikasi berpeluang besar untuk segera lolos proses seleksi.

Sementara, surat lamaran kerja berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa pelamar mengirimkan permohonan pekerjaan kepada perusahaan. Dilain sisi, surat lamaran kerja ini juga dapat memberikan kesan lebih kepada perekrut.

  • Tampilan dan Format Dokumen

Secara kasat mata tampilan antara CV dan surat lamaran kerja tentu berbeda. CV memiliki format yang ringkas dan menunjukkan poin-poin. Sementara surat lamaran kerja menjelaskan keterampilan dan pengalaman profesional yang kamu miliki.

CV hanya ditulis dalam satu lembar. Tujuannya agar perekrut dapat mendapatkan informasi yang detail namun ringkas. Sementara itu, surat lamaran kerja umumnya terdiri atas 1 hingga 2 halaman kertas A4.

  • Isi Dokumen

Isi dokumen CV terdiri dari ringkasan pribadi, kontak, keterampilan, latar belakang pendidikan, pengalaman profesional dan keahlian lainnya. Sedangkan surat lamaran kerja berisi informasi kontak, bagian pembuka, isi, dan penutup. Selain itu, di surat lamaran kerja juga terdapat tanda tangan pelamar sementara CV tidak ada.

Baca juga: Awas Red Flag! 10 Karakter Diri yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam CV

So, hati-hati ya! CV dan surat lamaran kerja itu berbeda, loh. Jangan sampai kamu diminta mengirimkan CV, eh malah yang dikirim surat lamaran kerja. Giliran diminta surat lamaran kerja, malah yang dikirim CV. 

Itulah perbedaan CV dan surat lamaran kerja yang harus kamu ketahui, sehingga kamu tidak salah dalam mengirimkan berkas. Selanjutnya, kalau semua berkas sudah siap, saatnya kamu melamar pekerjaan. Tahu nggak sih? Hanya cukup log in di Karirlink dan isi data, kamu sudah bisa melamar pekerjaan. Yuk dicoba!

;