#Pengembangan Karir

Susah Cari Kerja? Yuk Kunjungi Career Center Kampusmu!

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

5 Desember 2023

KARIRLINK.ID - Halo pejuang karir! Setelah lulus, apakah kamu sudah pernah mengunjungi pusat karir di kampusmu? Atau jangan-jangan kamu belum tahu tentang lembaga tersebut? Sini-sini kita kenalan dulu, yuk.

Career center atau pusat karir adalah lembaga yang memiliki fungsi sebagai fasilitator bagi lulusan untuk mendapatkan informasi pekerjaan. Mungkin setiap kampus menyediakan pelayanan yang berbeda-beda, ya. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa layanan yang bisa kamu dapatkan di pusat karir. Mau tahu seperti apa? simak di bawah ini ya.

Baca juga: Pentingkah Perencanaan Karier Bagi Fresh graduate? Yuk Disimak

Layanan-layanan yang Ada di Pusat Karir

1. Kampus Bermitra dengan industri

Kemitraan kampus dengan industri memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, loh. Kampus menjadi penghubung antara industri dengan alumni dengan cara memberikan rekomendasi mahasiswa yang berprestasi dan memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga alumni bisa memiliki peluang untuk di-hire di perusahaan mitra.

2. Informasi Lowongan Kerja

Layanan pusat karir berikutnya yaitu adanya bursa kerja yang memberikan informasi lowongan kerja. Biasanya informasi lowongan ini bisa diakses melalui website atau aplikasi. Jadi, sangat mudah bagi kamu untuk mengirimkan lamaran secara online.  

Bahkan, beberapa pusat karir kampus juga menyediakan job fair yang dihadiri banyak perusahaan sehingga alumni dapat mengikuti rekrutmen secara langsung.

3. Program Persiapan Karir

Bagi kamu yang belum siap memasuki dunia kerja, pusat karir menyediakan program persiapannya, seperti training dan seminar. Dalam program tersebut kamu akan dijelaskan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melamar kerja, seperti pembuatan Curriculum Vitae (CV) atau tips and trick lamaran kerja lainnya. Bahkan, kamu juga bisa mengikuti kelas pengembangan soft skill dan hard skill yang diselenggarakan lembaga tersebut sehingga kamu akan lebih siap memasuki dunia kerja.

4. Konseling Karir dengan Profesional

Memasuki dunia kerja membutuhkan persiapan yang matang, oleh sebab itu kamu membutuhkan seorang yang telah berpengalaman untuk membimbing. Nah, di pusat karir ini kamu bisa mendapatkan layanan konseling karir untuk menggali minat dan keterampilan sebelum memasuki dunia kerja.

Baca juga: Work Life Balance Untuk Gen Z, Bikin Kerja Lebih Enjoy!

Itulah beberapa layanan yang bisa kamu dapatkan jika mengunjungi pusat karir kampus. Kalau kamu mau dapatkan informasi seputar karir, ada cara mudah lainnya, loh. Kamu bisa mengunjungi Karirlink. Di sana kamu akan mendapatkan informasi update terkait dunia kerja. Bahkan kamu juga bisa melamar pekerjaan, loh. Yuk langsung melamar kerja dengan praktis dan mudah di Karirlink.id.






Lowongan Terbaru

;