#CV/Portofolio

Mau Tahu Cara Lolos Buat CV ATS Friendly? Ini Dia Panduan dan Contohnya

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

15 Maret 2024

KARIRLINK.ID - Membuat Curriculum Vitae (CV) menjadi hal wajib ketika melamar kerja. Bukan tanpa alasan, dokumen ini menjadi perantara agar perekrut mengetahui profil diri, kemampuan dan pengalaman kandidat. Sehingga, kalau ingin dilirik perekrut ya kandidat harus membuat CV yang menarik.

Tahukah kamu? Kini, perekrut sudah tidak perlu lagi membaca banyak lamaran sesuai kualifikasi. Lalu, bagaimana caranya? caranya mudah saja, yaitu dengan Applicant Tracking System (ATS).

Baca juga: Panduan Lengkap Melakukan Interview dengan HR dan User

Apa Itu CV ATS Friendly?

Applicant Tracking System (ATS) adalah sistem yang memudahkan perekrut untuk mendeteksi CV atau resume kandidat berdasarkan kata kunci. Kini, sebagian besar perusahaan telah menggunakan sistem untuk menangani banyaknya lamaran yang masuk. Kemudian, proses rekrutmen bisa dilakukan secara otomatis, mulai dari mengurutkan, memindai hingga menyeleksi dapat dilakukan dengan sistem.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa kata kunci di CV ATS, seperti latar belakang pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja. Maka dari itu, kamu  harus membuat CV yang sesuai dengan standar ATS. 

Mengapa Harus Membuat CV ATS Friendly?

Masih banyak orang yang belum tau mengapa CV ATS friendly dianggap penting. Lebih lanjut, mari kita bahas beberapa alasan mengapa harus membuat CV ATS friendly, meliputi:

  • Terlihat Lebih Formal

Kelebihan CV ATS yaitu formatnya yang sederhana sehingga cocok untuk bidang-bidang yang yang tidak menuntut kreativitas, misalnya akuntan, programmer, dan staf notaris. Apalagi dengan tampilan formal seperti itu bisa menggambarkan kamu sebagai orang yang profesional.

  • Agar Lolos Seleksi Sistem

Kata kunci menjadi bagian yang penting di CV ATS. Menariknya, saat pengecekkan dengan sistem scanning, CV-mu bisa menjadi urutan teratas dibandingkan CV lainnya yang tidak menggunakan template ATS.

Jadi, kalau kamu mau lolos seleksi dengan sistem scan ini, maka kamu harus memastikan keyword yang ada di CV-mu sudah sesuai dengan kualifikasi.

  • Ringkas dan Mudah Dipahami

Setelah proses sortir oleh sistem, selanjutnya CV akan dicek oleh perekrut. Nah, salah satu yang menjadi perhatian di CV ATS secara visual yaitu ringkas. Pastikan agar perekrut mudah memahami isi CV-mu dalam waktu yang singkat, ya.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Membuat CV ATS ini cukup mudah, asalkan kamu memahami kata kunci yang harus dimasukkan. Agar lebih jelas, berikut cara membuat CV ATS friendly, meliputi:

  • Gunakan Template ATS Friendly

Perbedaan mendasar antara CV kreatif dan CV ATS terletak pada template  yang digunakan. Beberapa diantara kita pasti sudah pernah melihat template CV Kreatif, kan? CV kreatif biasanya memiliki visual yang lebih variatif. Pemilihan warna, font,dan posisi menjadi hal yang diperhatikan pada CV kreatif. 

Nah,  CV ATS tampilan lebih sederhana karena yang diutamakan untuk menonjolkan informasi keahlian dan keterampilan sesuai kata kunci. Sehingga, saat nanti di scan akan terdeteksi oleh sistem.

  • Baca Kualifikasi Posisi

CV ATS sangat berhubungan erat dengan kata kunci. Lalu, bagaimana caranya? Salah satu cara menemukan kata kunci yang tepat yaitu dengan membaca kualifikasi posisi yang terdapat di lowongan pekerjaan. Misalnya lowongan customer service, biasanya memiliki kualifikasi komunikasi. Nah, kamu harus menonjolkan skill tersebut di CV-mu dengan menjelaskan pencapaiannya.

  • Gunakan Kalimat yang Jelas

Dalam membuat CV gunakanlah kalimat yang to-the-point, tidak perlu menulis kalimat yang bertele-tele. Percuma kalimat yang panjang lebar, kalau tidak terdeteksi oleh sistem. Selain itu, yang juga harus diperhatikan adalah gunakan bahasa yang mudah dipahami manusia.

Memang, CV ini akan disortir  oleh sistem. Namun, tahap selanjutnya Tim HR dan user lah yang akan mempertimbangkan apakah kamu pantas mengisi posisi kosong atau tidak. Jadi, periksalah setiap kalimat yang kamu masukkan ke CV, ya.

Contoh CV ATS Friendly

Berikut ini adalah contoh-contoh membuat CV ATS friendly yang diambil dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Contoh CV ATS Posisi HRD


https://www.cakeresume.com/

  • Contoh CV ATS Posisi Sales Engineer

https://www.cakeresume.com/


  • Contoh CV ATS Posisi Analis Finansial

https://www.cakeresume.com/

  • Contoh CV ATS Posisi Programming


https://www.bikincv.com/


  • Contoh CV ATS Posisi Software Development Engineer 

https://www.kickresume.com/


  • Contoh CV ATS Posisi Senior Solution Architect

https://www.kickresume.com/


  • Contoh CV ATS Posisi Social Media Marketing

https://www.cakeresume.com/

  • Contoh CV ATS Posisi Guru

https://www.cvmaker.co.id/

  • Contoh CV ATS Posisi Marketing

https://www.cvmaker.co.id/

Baca juga: Work Life Balance Untuk Gen Z, Bikin Kerja Lebih Enjoy!⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠

Nah, itulah serba-serbi  CV ATS yang harus kamu ketahui. Sudah pahamkan cara membuat CV ATS friendly? Sekarang tinggal action  membuatnya, deh. Percuma dong, kalau nggak diimplementasikan melalui di CV-mu. 

Kamu belum buat CV? Langsung saja melamar pekerjaan di Karirlink. Mudah banget! Tinggal mengisi profil, sudah otomatis menjadi CV. Yuk, langsung saja dicoba!