#Pengembangan Karir #Dunia Kerja

Bingung Magang Mau Ngapain? Ini Dia Manfaat Magang dan Tips Memaksimalkan Magang

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

29 Februari 2024

KARIRLINK.ID -  Pernah nggak sih kamu mendengar istilah magang? Sudah sangat familiar ya, terutama bagi mahasiswa semester 6 untuk Program S1, dan semester 5 untuk program D3. Apalagi, sejak dicetuskan program magang kampus merdeka, kegiatan ini menjadi salah satu incaran para mahasiswa di perguruan tinggi.

Dulu kegiatan magang hanya diwajibkan selama 1 bulan. Namun, seiring dengan adanya magang kampus merdeka, kegiatan magang bisa dilakukan selama 4 hingga 12 bulan. Selanjutnya, kamu bisa melakukan konversi magang dengan konversi nilai atau jumlah Satuan Kredit Semester (SKS). Untuk program magang bisa dikonversi hingga 20 SKS. Belum lagi, beberapa perusahaan menawarkan gaji.

Baca juga:  Pentingkah Perencanaan Karier Bagi Fresh graduate? Yuk Disimak

Apa Itu Magang?

Program magang adalah program yang diselenggarakan oleh perusahaan atau institusi tertentu. Biasanya diperuntukkan para siswa hingga fresh graduate dengan usia maksimal tertentu. 

Nah, tujuan kegiatan magang sendiri sebagai latihan fresh graduate di dunia kerja. Ibaratnya ya, kalau kamu berenang, kamu harus mengenal kolam dulu, berlatih berenang di pinggir kolam, latihan mengayuh hingga akhirnya kamu dapat berenang di kolam olimpiade.

Manfaat Magang

Terlepas dari magang sebagai kewajiban sekolah dan kampus. Magang juga memiliki segudang manfaat yang dapat kamu rasakan, loh. Sayang banget kan kalau kesempatan ini kamu biarkan berlalu begitu saja. Apa aja sih manfaatnya? Berikut  beberapa manfaat magang, meliputi:

  • Praktikkan Teori di Kelas

Melalui magang, kamu dapat mempraktikkan semua ilmu yang telah kamu dapatkan di kelas atau perkuliahan. Selanjutnya, kamu dapat melihat apakah materi yang kamu dapatkan sesuai di tempat kerja atau tidak. Bahkan, kamu juga bisa bisa mengembangkan skill yang mendukung. Saat magang kamu menjalani proses belajar di lingkungan profesional yang tentunya berbeda dengan lingkungan kampus. 

  • Menambah Pengalaman

Apa yang kamu pikirkan jika kamu mengikuti magangYaps, kamu akan dihadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Walaupun beberapa perusahaan hanya menjadikan anak magang seperti “anak bawang”, sehingga lebih banyak memantau atau mengerjakan hal-hal ringan. Namun, banyak juga perusahaan yang memberikan tanggung jawab atau project kepada anak magang

Mulai dari mengikuti meetingbriefing, pekerjaan project dan lain sebagainya dilakukan oleh anak magang. Jadi, tidak perlu khawatir kalau kamu akan bingung melakukan apa.

  • Mempersiapkan Mental

Memasuki dunia kerja artinya kamu sudah siap memasuki dunia yang penuh tantangan dan tekanan. Namun, saat kamu menjadi anak magang maka kamu masih mendapatkan banyak pemakluman. Untuk itu, bekerjalah dengan baik, perhatikan arahan dan komando yang ada, cara pelaporan kerja dan lain sebagainya. Agar nantinya saat kamu memasuki dunia kerja sudah siap dengan itu semua.

  • Mengenal Lingkungan Kerja Profesional

Ingatlah bahwa saat magang artinya kamu bekerja. Jadi, kerjakanlah secara profesional dan hati-hati. Semakin kamu profesional dan kinerjamu bagus maka kamu akan berpeluang besar untuk direkrut setelah selesai magang di perusahaan tersebut. 

Ya, siapa yang bersungguh-sungguh pasti ada jalannya, untuk itu kerjakan segala hal dengan maksimal. Jangan sampai kamu pilih-pilih pekerjaan dengan alasan kamu hanya anak magang. Mungkin saja pekerjaan yang diberikan kepadamu dapat menjadi kesempatan emas nantinya. 

  • Relasi Semakin Luas

Dengan kamu memiliki relasi bisa menjadi peluangmu mendapatkan pekerjaan. Bukankah, kita tidak pernah tau bagaimana hubungan kita dengan teman kita di masa depan? Bisa jadi, teman, guru, bawahan, rekan kerja, bahkan atasan. Jadi, perluaslah relasimu, maka kesempatan akan semakin luas.

  • Review dan Referensi

Dengan magang tentu kamu akan memiliki kenalan atasan, kan? Nah, beliau dapat kamu jadikan referensi di Curriculum Vitae (CV)-mu nantinya. Jangan lupa untuk meminta izin atasan untuk menjadi referer. Bahkan kamu juga bisa meminta atasanmu memberikan review atas hasil kerjamu di Linkedin, sehingga kamu dapat memberikan poin plus untukmu. 

  • Memperkaya Curriculum Vitae (CV)

Ya, sudah kita ketahui di CV terdapat poin summary, kontak pribadi, pendidikan, pengalaman dan lain sebagainya. Nah, dengan kamu bekerja magang, akan menambah daftar pengalamanmu. 

Tips Memaksimalkan Magang

Pantas saja, banyak manfaat yang didapatkan dengan mengikuti magang. Tentu, ini sangat dibutuhkan saat akan memasuki dunia kerja. Agar tidak berakhir sia-sia, untuk itu kamu harus mempersiapkan magang dengan baik. Berikut adalah tips memaksimalkan magang, meliputi:

  • Persiapkan Diri dan Buat Rencana

Punya gelar sarjana aja nggak cukup, loh. Kamu harus punya skill pendukung untuk bisa bersaing di pasar tenaga kerja yang kompetitif. Maka dari itu, kamu harus mengosongkan gelas dan siap menerima ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin.

Ingat ya! Apapun yang kamu dapatkan di dunia kerja belum ada apa-apanya. Jadi, jangan  kepedean kalau kamu sudah sudah mengetahui segalanya hanya karena kamu sudah lulus kuliah.

  • Kerjakan Semua dengan Sungguh-sungguh

Seringkali peserta magang diberikan pekerjaan yang tidak linear dengan pendidikannya. Tidak perlu bersedih atau bahkan merasa kesal, cobalah kerjakan dengan sungguh-sungguh dan tunjukkan apapun pekerjaannya kamu dapat menyelesaikannya dengan baik.

  • Bangun Relasi dengan Atasan dan Tim

Tahu gak sih, bangun relasi itu penting banget loh untuk memasuki dunia kerja? Eits, jangan sampai ada yang jawab, “tapi aku introvert, gimana dong?”. 

Waduh, bangun relasi itu bukan perkara introvert atau ekstrovert, tapi tentang bagaimana kamu dinilai memiliki value oleh orang lain. Contohnya, sesimpel menjadi pendengar yang baik atau memberikan rekomendasi merek sesuai kebutuhan mereka. Mudah, bukan?

  • Menyimpan Dokumen dengan Rapi

Setiap tugas yang ditugaskan kepadamu, simpan dengan baik dan dokumentasikan. Bisa jadi, semua hal yang kamu kerjakan tersebut dapat menjadi portofolio saat melamar kelak. Apalagi jika kamu diberikan project tertentu, masukkanlah capaian tersebut ke dalam CV-mu.

  • Jadilah Versi Terbaikmu

Cobalah menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Ingat ya! Kamu tidak perlu menjadi siapapun, bukankah itu malah akan mempersulit dirimu sendiri? Paling utama adalah lakukan segala hal dengan bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Tidak perlu khawatir hasilnya akan seperti apa selama kamu sudah melakukan yang terbaik.

Baca juga: Cara Membuat CV Bagi Fresh Graduate, Yuk Simak!

Nah, itulah serba-serbi magang. Gimana, sudah siap belum mengikuti magang? Yuk, ikuti magang agar selangkah lebih dekat dengan pekerjaan impian. Ingat ya! banyak orang bilang “Think big and act now”, berpikirlah besar dan bertindaklah. Jadi, segera persiapkan, ya.

Kalau CV mu sudah siap, kamu juga bisa mencari lowongan di portal pekerjaan yang mudah, praktis dan terpercaya yaitu Karirlink. Di sana banyak banget loh lowongan bisa kamu lamar yang mungkin sesuai dengan bidangmu, jadi yuk kunjungi Karirlink.id. Semangat Berjuang.


image widget. Press Enter to type after or press Shift + Enter to type before the widget