KARIRLINK.ID - Kerja di tempat yang isinya macem-macem kepribadian tuh bisa seru tapi juga penuh tantangan. Biasanya sih, banyak orang membedakannya menjadi 2 macam kepribadian yaitu introvert sama ekstrovert. Keduanya pasti punya cara yang beda buat berinteraksi dan kerja.
Yaps, kalau kita melihat sosok introvert biasanya mereka pendiam dan kalem. Kalau kamu liat temen kerjamu, anteng aja di pojokkan kerja sendiri, fix dia introvert. Ya, orang introvert cenderung jarang ngomong dan kayak punya dunianya sendiri tapi bukan berarti mereka anti sosial ya.
Orang introvert itu kadang merasa capek banget kalo harus banyak interaksi sama orang banyak. Mungkin alasannya karena mereka lebih nyaman dalam lingkup yang lebih kecil dan lebih suka mikirin hal-hal yang mendalam.
Tapi kadang, kerja sama orang introvert juga bisa jadi sumber masalah munculnya kebingungan karena mereka nggak suka terlalu banyak interaksi sosial. Alhasil, kita nih sebagai rekan kerja mereka ngerasa kayak kurang komunikasi atau dapat update dari si introvert. Bener gak?
Nah loh, bos introvert kadang malah susah ditebak. Kita jadi nggak tau mereka lagi suka atau nggak sama kerjaan kita karena ekspresi mereka cenderung datar. Sementara komunikasinya juga ya cuman sedikit.
Apalagi nih, interaksi dengan bos introvert juga bisa terasa lebih formal dan kurang personal. Mereka mungkin nggak sering ngajak ngobrol santai atau hangout bareng tim yang isinya orang-orang ekstrovert.
So, gimana dong cara komunikasi sama mereka? Lagian siapa sih yang bisa denger suara hati orang. Gak ada kan? Toh kita bukan cenayang wkwkwk.
You got it… Jadi gini, karena orang introvert lebih suka mikir dulu sebelum ngomong, lebih baik sering-sering pake email atau chat buat komunikasi. Jadi mereka punya waktu buat merespon dengan baik.
Terus, cara nanggepin bos introvert yang mungkin nggak sering kasih feedback langsung, kamu bisa ambil inisiatif sendiri dan minta feedback secara aktif. Jadi, bisa one-on-one gitu, biar bisa lebih paham gimana sih ekspektasi yang diharapkan.
Dan lebih penting lagi, kalau kamu prepare ide dulu sebelum meeting atau ngobrol sama bos introvert. The reason is simple, introverts are deep thinkers with sharp and detailed analysis. So, kamu harus ready biar diskusinya makin produktif dan insightful!
Biasanya bos introvert lebih kalem dan nggak banyak drama. Mereka lebih fokus sama kerjaan dan hasil. Mereka juga ngerti banget pentingnya waktu untuk mikir dan kerja sendiri. Jadi, kita juga punya space untuk lebih fokus kerja.
ANW, bukan berarti pembenaran kalau orang introvert itu gak jago ngomong loh. Mau orang introvert atau ekstrovert, dua-duanya wajib banget belajar skill komunikasi. Mau kerja di belakang layar atau jadi frontliner, kita tetep harus bisa berinteraksi sama orang lain. Lagian ya, being introverted doesn't mean you can't speak like extroverts do.
Malahan kalau kita jago komunikasi, kerjaan makin lancar dan nggak ada miskom, pasti lebih gampang juga ngerjain proyek bareng, dan bikin suasana kerja jadi lebih asik. Jadi skill komunikasi ini tetep penting mau kamu punya kepribadian apapun.
Nah, untuk ningkatin skil komunikasi kamu bisa mulai dengan cara ikut magang, nih lowongan magang untukmu. Yuk langsung dicek di Karirlink.id.
2 bulan yang lalu
2 bulan yang lalu
2 bulan yang lalu
5 bulan yang lalu