#Tips Interview

5 Jurus Jitu Memperkenalkan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

4 April 2024

KARIRLINK.ID - Interview menjadi salah satu momen yang menenggangkan bagi calon kandidat. Meskipun merasa senang, perasaan canggung dan gugup bisa saja muncul saat akan melakukan interview.

Padahal, proses interview bertujuan untuk mengenal lebih lanjut kandidat setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Kalimat “perkenalkan diri Anda” menjadi awalan yang seringkali memancing ketegangan kandidat. Kalau salah menjawab atau bertindak, bisa menghasilkan penilaian yang buruk dari pewawancara. 

Selama interview, memperkenalkan diri adalah kesempatan emas untuk mengenalkan potensi diri. Kesempatan ini tentu tidak akan datang dua kali. Sehingga, kamu harus tahu bagaimana cara memperkenalkan diri yang menarik bagi pewawancara. Nah, simak artikel ini hingga selesai, ya.

Baca juga: Perbedaan Interview Human Resources (HR) dan Interview User, Pelamar Wajib Tahu!

Cara Memperkenalkan Diri saat Interview

Memperkenalkan diri yang baik dapat memberikan kesan bagi pewawancara. Berikut cara memperkenalkan diri.

  • Mulai dengan Menyapa Pewawancara

Saat diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri, kamu bisa memberikan feedback  dengan menyapa pewawancara. Dengan menyapa wawancara dapat menunjukkan bahwa kamu pribadi yang percaya diri dan memiliki skill komunikasi. 

Tidak kalah penting, menyapa pewawancara dapat disertai senyuman hangat serta sampaikan ucapan terima kasih karena sudah diberi kesempatan hingga sampai tahap seleksi wawancara.

  • Perkenalkan Nama Lengkap dan Panggilan

Pertama-tama kamu dapat memperkenalkan diri dengan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dilanjutkan dengan domisili tempat tinggal dan posisi yang dilamar. Meskipun sering diabaikan, menyebutkan nama panggilan sangat penting agar pewawancara tidak mengulang pertanyaan yang sama.

  • Uraikan Pendidikan dan Minat Karier

Beritahu informasi dasar seperti kualifikasi pendidikan serta jelaskan prestasi dan pencapaian selama berkuliah yang relevan dengan posisi pekerjaan. Selanjutnya, sampaikan juga minat karier dan antusiasmu di bidang tersebut.

  • Sampaikan Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang sudah bekerja dapat memberikan informasi pengalaman bekerja. Apalagi, juga kamu bisa menggunakan “kata” yang umum di bidang tersebut. Pilihlah pengalaman kerja yang terbaru.

Sementara bagi fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja dapat memasukkan pengalaman magang, organisasi atau bahkan mata kuliah yang relevan. Tunjukkan hasil kerja yang pernah kamu selesaikan. 

  • Jelaskan Kelebihan Diri 

Ceritakan kelebihan diri yang dapat mendukung pekerjaan. Kemudian, jelaskan juga bagaimana kelebihanmu dapat berkontribusi pada hasil kerja. Contohnya:

“Saya memiliki senang berkomunikasi sehingga dapat mendukung pekerjaan sebagai customer service serta mendukung kemajuan perusahaan”.

  • Menceritakan Skill yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Tahukah kamu? Skill menjadi bagian penting yang dilihat oleh Tim Human Resource (HR) saat memilih kandidat. Untuk menceritakan skill  ini sesuaikan dengan kualifikasi yang ada di lowongan pekerjaan. 

Contoh Perkenalan Diri Saat Melamar Kerja

Selamat pagi, Bapak Andre selaku HR PT Ada. Terima kasih atas kesempatannya. Perkenalkan nama saya Akbar Latif, bisa dipanggil Akbar. Saya berdomisili di Malang dan melamar untuk posisi programmer.

 Selama 3,5 tahun berkuliah di jurusan Sistem informasi Universitas Bina Nusantara, saya aktif mengikuti organisasi namun tidak menurunkan semangat saya untuk berprestasi hingga akhirnya saya lulus cumlaude. Saya memiliki minat di posisi programmer dan meningkatkan karier di bidang ini kedepannya.

Saat berkuliah saya bekerja part-time di bidang yang sama, sehingga memiliki keahlian dalam membangun website

Baca juga: Guys! Inilah 23 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Interview

Itulah cara memperkenalkan diri beserta tipsnya. Bersiaplah untuk menjawab lebih lanjut setelah kamu menyampaikan perkenalkan diri. Kalau kamu mau informasi seputar persiapan karier mulai dari cara membuat resume, melamar kerja, dan lainnya, kunjungi Karirlink, ya. Selamat berjuang!

;