#Melamar Kerja

Inilah 5 Alasan Fresh Graduate Dibutuhkan Perusahaan, Yuk Simak!

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

9 Februari 2024

KARIRLINK.ID - Setelah menjadi fresh graduate jadi paham banget ya sulitnya mencari kerja. Pasti kalian ngerasain cemas akibat belum dapat kerja.  Meskipun sudah kirim lamaran puluhan bahkan ratusan, tapi belum juga ada yang lolos. Sempet kepikiran nggak sih, ‘apa bisa fresh graduate tanpa pengalaman profesional dapat pekerjaan?’.

Tentu bisa dong, meskipun pengalaman dinilai penting oleh perusahaan, akan tetapi menerima fresh graduate untuk bekerja juga memiliki beberapa keunggulan bagi perusahaan, loh. Mau tau apa saja? Berikut alasan fresh graduate dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: 3 Perbedaan CV dan Surat Lamaran Kerja, Jobseeker Wajib Tahu!

5 Alasan Fresh Graduate Dibutuhkan Perusahaan

  • Dapat Mengisi Posisi Entry Level

Bagi fresh graduate tanpa pengalaman melamar pekerjaan menjadi  hal yang cukup menantang. Nggak bisa dipungkiri, memang banyak posisi pekerjaan yang memerlukan kandidat dengan pengalaman. Bahkan, beberapa diantaranya mencantumkan pengalaman minimal 2 tahun.

Namun, ada beberapa posisi entry level yang bisa dilamar oleh fresh graduate seperti Asisten administratif, Junior Developer dan masih banyak posisi lainnya.

Meskipun tidak memiliki pengalaman profesional, kamu tetap bisa melamar dengan menunjukkan pengalaman kerja freelance atau magang untuk menambah nilai di mata recruiter

  • Kesempatan Mendapatkan Pekerja yang Loyal dan Komitmen

Beberapa perusahaan membuka program Management Trainee (MT) untuk memberikan pelatihan atau training bagi para fresh graduate, dengan tujuan agar suatu saat mereka dapat menduduki posisi manajerial di perusahaan tersebut.

Program Management Trainee (MT) banyak diincar oleh fresh graduate, wajar saja kalau proses rekrutmennya sangat panjang. Setelah, resmi lolos menjadi karyawan MT, maka mereka akan mengikuti pelatihan atau training selama 3–6 bulan. Selain itu, karyawan MT juga diharuskan ikatan dinas selama 1 hingga 2 tahun, atau sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Apabila dalam selama ikatan dinas tersebut karyawan memutuskan untuk tidak menyelesaikannya, maka diwajibkan membayar penalti untuk menggantikan biaya pelatihan. Sehingga, jika tidak ingin dikenakan denda, pekerja harus berkomitmen untuk menyelesaikan ikatan dinas tersebut. Apalagi biayanya cukup mahal, bisa belasan juta hingga puluhan juta.

Sehingga, kalau kamu tertarik untuk menjadi karyawan MT pastikan kamu sudah siap untuk loyal dan berkomitmen di suatu perusahaan karena masa training dan ikatan dinasnya cukup lama.

  • Semangat Kerja dan Keinginan Belajar Tinggi

Mereka yang baru lulus biasanya masih membawa semangat kerja dan keinginan belajar yang menggebu-gebu. Itulah yang menjadi keunggulan dari fresh graduate.

Apalagi, dunia kerja masih sangat asing bagi para fresh graduate. Sehingga, mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk membuktikan diri untuk berhasil di dunia kerja. Tidak sampai disitu, mereka juga sangat terbuka dengan adanya pelatihan atau mempelajari keterampilan baru.

  • Open Minded

Sebelumnya kita sudah bahas kalau keinginan belajar fresh graduate itu tinggi, nah sikap ini biasanya juga dibarengi dengan pikiran terbuka atau open minded

Anywayopen minded itu sikap toleran terhadap pendapat orang lain. Di dunia kerja, sikap open minded dibutuhkan  karena bisa membantu kita menemukan ide yang terbaik, meskipun ada aja ide yang out of the box. Tapi, yang paling penting buat  fresh graduate tetap terbuka dan mendengarkan sudut pandang orang lain. Siapa tahu, bisa dapat pengetahuan baru, kan?

Nggak sampai disitu saja, para pekerja juga akan dihadapkan dengan sektor dan generasi yang beragam. Makanya, open minded juga bisa jadi kunci untuk beradaptasi di dunia kerja. 

  • Melek Teknologi

Sebagian besar mahasiswa yang lulus merupakan millennials dan Gen Z. Kedua generasi tersebut sangat lekat dengan adanya teknologi. Sehingga, tidak heran jika dibandingkan generasi sebelumnya, kedua generasi tersebut melek teknologi atau tidak gaptek alias gagap teknologi.

Teknologi sendiri banyak membantu di berbagai industri. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi agar lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu, jika suatu perusahaan mempekerjakan fresh graduate maka tidak membutuhkan banyak biaya untuk pelatihan pengenalan teknologi.

Baca juga: Panduan Lengkap Melakukan Interview dengan HR dan User

Itulah 5 alasan fresh graduate dibutuhkan perusahaan. Sudah yakinkan kalau kamu juga punya peluang? Langsung aja, yuk melamar kerja di Karirlink. Selamat mencoba!