#Pengembangan Karir

Apa Sih Bootcamp Itu? Simak Yuk Pengertian dan Manfaatnya

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

19 April 2024

KARIRLINK.ID - Sekarang kalau mau jago dalam suatu bidang nggak harus lulusan kuliah, loh. Banyak orang yang memilih untuk mengikuti bootcamp untuk cepat mempelajari suatu bidang. Bahkan, bootcamp juga bisa menjadi jalan ninja untuk orang-orang yang mau beralih bidang.

Bagi kamu yang sudah lulus kuliah namun pengin upgrade skill super cepat? Bootcamp  bisa menjadi solusi untukmu. Mari kita bahas lebih lanjut terkait bootcamp sebelum kamu mendaftar bootcamp.

Baca juga: Bingung Magang Mau Ngapain? Ini Dia Manfaat Magang dan Tips Memaksimalkan Magang

Apa Itu Bootcamp?

Bootcamp adalah program pelatihan intensif untuk meningkatkan skill sesuai kebutuhan industri. Biasanya program ini berdurasi singkat dengan materi yang padat. Selama bootcamp kamu akan dibimbing oleh para expert

Pada akhir kegiatan bootcamp kamu juga akan mendapatkan tugas mengerjakan final project. Hasil project ini sangat berguna untuk menambah portofolio di Curriculum Vitae. Jika, kamu berhasil menyelesaikan bootcamp, nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat ketika program berakhir. 

Berapa Lama Durasi Bootcamp?

Program bootcamp berdurasi 4 hingga 12 Pekan tergantung kompleksitas materinya. Tapi juga bisa lebih cepat jika semakin intensif. Apalagi materi bootcamp memang dirancang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Dibandingkan dengan otodidak, belajar dengan expert melalui program bootcamp memudahkanmu untuk mendapatkan alur belajar yang lebih jelas. Selain itu, saat belajar otodidak memungkinkan melakukan kesalahan yang berulang tanpa kamu ketahui letak kesalahannya.

Apa Manfaat Mengikuti Bootcamp?

Dengan mengikuti bootcamp dapat membantu mengasah skill. Namun, ada banyak keuntungan lainnya, loh. Apa saja? Ini dia manfaat  mengikuti bootcamp.

  1. Belajar Intensif dalam Waktu Singkat

Jika kamu mau mengasah skill dalam waktu yang super cepat bisa mengikuti bootcamp. Yups, Kebanyakan bootcamp memiliki durasi yang singkat. Materi yang disampaikan pun cukup padat. 

2. Belajar Langsung dari Expert

Keuntungan dibimbing langsung dengan expert yaitu bisa belajar fundamental sekaligus mempraktikkan ilmu secara langsung. Bahkan, kamu juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi jika menghadapi kendala. Jadi, nggak stuck kalau  lagi bingung, deh. 

Kamu juga akan mendapatkan review dari para expert sehingga dapat menyelesaikan project dengan maksimal. 

3. Bidang yang Dipilih sesuai Kebutuhan

Kalau kita buka internet, sangat mudah untuk mendapatkan program bootcamp sesuai kebutuhan. Seperti bootcamp digital marketingcontent writing, data analysis, UI-UX design, product management dan masih banyak lainnya.

4. Biaya Lebih Affordable

Tidak perlu khawatir kalau harga bootcamp itu mahal. Banyak website menyediakan bootcamp dengan biaya yang terjangkau. Asal kamu mau mencari informasinya, pasti ada jalan. 

Bahkan, bootcamp gratis juga ada, loh

5. Membangun Relasi dan Networking

Jangan kaget ya! Ketika kamu mengikuti program ini, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari semua kalangan dan tanpa batasan usia. Ya, karena bootcamp memiliki materi yang intensif, sehingga menjadi pilihan bagi orang-orang yang mau pindah jalur karier atau career-switch.

6. Update Knowledge

Ikut bootcamp juga bisa untuk menambah pengetahuan, loh. Kamu bisa pilih bidang mana yang ingin kamu tingkatkan atau bisa juga mempelajari hal yang lebih spesifik. 

7. Real Project untuk Portofolio

Pengin masuk dunia kerja tapi nggak punya pengalaman? Biar portofoliomu nggak kosong-kosong amat, bisa deh coba ikut bootcamp. Kamu akan membuat real project yang akan di review langsung oleh expert.

Nah, nantinya kamu bisa menjadikan hasil project sebagai portofolio. Sehingga, portofolio-mu bisa lebih menarik. 

8. Mendapatkan Sertifikat

Sertifikat pelatihan menjadi salah satu yang dilirik oleh recruiter. Menariknya dengan mengikuti bootcamp ini, kamu akan mendapatkan sertifikat setelah program selesai. 

Terdapat persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendapatkan sertifikat, seperti jumlah kehadiran, mengerjakan pre test dan post test, mengerjakan final project serta tugas lainnya tergantung ketentuan program.

9. Meningkatkan Peluang Karier

Saat seleksi pekerja, recruiter akan tertarik dengan kandidat yang siap bekerja. Jadi, pastikan bahwa kamu lah orangnya. Kalau skill sudah terasah, portofolio sudah menarik dan sertifikat keahlian sudah ada, tentu akan dilirik oleh recruiter. Sehingga peluang untuk lolos seleksi kerja menjadi lebih besar.

Baca juga: Fresh Graduate: Mau Kerja atau Lanjut Studi?

Jadi, mau ikut bootcamp apa nih? Siapkan fisik dan mental, ya. Apalagi kalau kamu masih harus mengerjakan aktivitas lainnya. Oh ya, kalau mau tahu informasi seputar karier, melamar kerja, mengasah skill dan lainnya, bisa kunjungi  Karirlink, ya. Semoga sukses!

;