#CV/Portofolio

5 Jurus Jitu Membuat Video Perkenalan Diri untuk Melamar Kerja

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

26 Juni 2024

KARIRLINK.ID - Guys! Pernah nggak sih diminta untuk mengirimkan video perkenalan diri sebagai persyaratan melamar kerja? Biasanya sih, video tersebut diminta untuk proses rekrutmen karyawan seperti Officer Development Program (ODP) atau Management Trainee (MT). Tau sendiri kan, biasanya program rekrutmen seperti itu persaingannya ketat banget.

Pastinya, kita ingin buat video yang perfect, kan? Tapi jujur deh, saat pertama kali di depan kamera, mungkin ada rasa gugup yang tiba-tiba muncul.  Nah harus dilawan ya, soalnya video perkenalan diri ini penting banget.  Selain buat syarat administrasi, melalui video perkenalan diri tersebut kamu bisa menunjukkan keahlian dan keterampilan yang kamu miliki. 

Untuk itu, sebelum membuat video tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu kamu siapkan, nih. Berikut adalah cara membuat video perkenalan diri untuk melamar kerja. Yuk disimak!

Baca juga: 23 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Wawancara Kerja

Cara Membuat Video Perkenalan Diri untuk Melamar Kerja

  • Pilih Pakaian Formal

Bagi pria bisa mengenakan kemeja dan celana chino sedangkan bagi perempuan dapat mengenakan kemeja, blazer dan celana atau rok. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aksesoris, tapi tidak berlebihan, seperti jam tangan, anting, bros atau ikat pinggang. 

Warna dan motif juga menjadi bagian yang harus diperhatikan saat memilih pakaian. Hindari menggunakan pakaian dengan motif yang terlalu ramai atau warna yang terlalu mencolok. Sebaliknya, pilihlah warna pakaian yang netral.

  • Persiapkan Kamera dan Pencahayaan

Tidak kalah penting, kamu juga harus mempersiapkan peralatan pendukung untuk merekam video, yaitu kamera. Jika kamu sendiri tidak merekam video sendiri, maka kamu dapat menggunakan tripod agar video lebih stabil.

Selain itu, pencahayaan menjadi hal yang penting ketika akan merekam video. Rekamlah video pada saat menjelang matahari terbit atau terbenam. Pada waktu itulah momen golden hour atau matahari berwarna keemasan, sehingga kamu bisa mendapatkan pencahayaan alami. .

  • Persiapkan Script 

Hal terpenting dalam proses pembuatan video perkenalan yaitu menunjukkan keterampilan dan pengalaman. Pastikan kamu harus mengetahui apa saja yang ingin kamu sampaikan agar tidak terlewat. Buatlah script agar pesan yang kamu ingin sampaikan lebih terstruktur.

Script tersebut dapat berisi informasi identitas diri seperti nama dan asal daerah, latar belakang pendidikan, kemudian  ceritakan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki serta harapan jika dapat bekerja di perusahaan yang dilamar.

  • Mulai Merekam Video

Saat merekam video, pastikan durasi video tidak terlalu panjang. Setiap perusahaan memiliki ketentuan batas durasi video perkenalan diri, biasanya berkisar antara 2 hingga 5 menit.

Selain itu, durasi video yang terlalu lama, akan membuat perekrut kesulitan mengambil poin yang ingin kamu sampaikan. Oleh sebaik itu, buatlah video yang singkat dan jelas.

  • Editing Video

Setelah mendapatkan rekaman yang sesuai, kamu bisa melakukan proses editing, seperti pemotongan dan penggabungan klip yang relevan, penambahan subtitle, serta perbaikan audio video.

Bahkan, agar terlihat lebih menarik kamu juga bisa menambahkan awalan video dengan judul atau kutipan yang relevan. Tapi perlu diingat, jangan edit dengan filter-filter yang terlalu berlebihan, ya.  Pastikan kalau videomu tetap terlihat profesional.

Baca juga: 5 Cara Menulis Skill di CV yang Disukai Recruiter

Itulah cara membuat video perkenalan diri untuk melamar kerja dari Karirlink. Pastikan video yang kamu buat menarik perhatian recruiter sehingga meningkatkan peluangmu untuk lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kalau kamu mau informasi lainnya seputar karir bisa kunjungi Karirlink

 Kalau kamu masih bingung dan butuh informasi yang lebih detail atau mau tanya-tanya, kamu bisa loh mengikutI webinar Karirlink "Optimize Your Passion in Career Path". Segera daftarkan dirimu di sevi.ma/WebinarOptimizationYourPassion ya. Sampai jumpa di webinar, Sobat Karir!



Lowongan Terbaru

;