#Melamar Kerja

5 Jenis Karier Paling Ngetren di Era Digital, Apakah Tertarik?

vacancy header image
icon facebook
By Shitny Sevima

7 Mei 2024

KARIRLINK.ID - Dunia terus berkembang dengan kecanggihan teknologinya. Begitu pula dengan dunia kerja, yang juga ikut berkembang begitu cepat dan dinamis. Banyak pekerja yang sudah tergantikan dengan mesin. Beberapa di antaranya juga mengalami pergeseran tugas. 

Itulah mengapa, di era ini terdapat beberapa pekerjaan yang bisa dibilang sedang hypePenasaran? yuk simak artikel ini hingga selesai.

Baca juga: Work Life Balance Untuk Gen Z, Bikin Kerja Lebih Enjoy!

5 Tren Karier Terkini di Era Digital

Tren karier mungkin saja berubah dari waktu ke waktu. Disadur dari Linkedin, setidaknya ada 5 tren karier terkini di era digital, yaitu.

  • Artificial Intelligence and Machine Learning

Pernah tahu pekerjaan ini sebelumnya? Seorang Artificial Intelligence and Machine Learning (AI/ML) Engineer bertugas untuk melakukan melakukan pengembangan dan maintenance sistem berbasis AI/ML. Tugas tersebut termasuk menganalisis statistik, menjalankan tes terkait Machine Learning dan tugas lainnya. 

Seorang AI/ML Engineer akan didukung tools seperti Python, C++, JavaScript, Java, AWS S3 dan tools lainnya.  Banyak industri yang membutuhkan keberadaan AI/ML Engineer seperti industri medis, telekomunikasi dan finansial.

  • Data Analyst

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan untuk mendapatkan data. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak industri membutuhkan profesi data analyst.

Data analyst memiliki tanggung jawab untuk mengelola data mulai dari mengumpulkan, menganalisis, hingga menginterpretasikan data. Hasil dari pengelolaan data tersebut akan sangat berguna bagi institusi atau perusahaan untuk mengambill keputusan.

  • Cyber Security

Kejahatan selalu punya seribu cara untuk dilakukan. Oleh sebab itu, ada profesi cyber security yang bertugas untuk melindungi setiap perusahaan atau institusi dari kejahatan siber.

Dikutip dari bakrie.ac.id, profesi ini memiliki berbagai prospek seperti auditor security, security analyst, chief information security officer, cyber security consultant dan lain sebagainya.

Untuk bisa bekerja sebagai cyber security, kamu bisa mulai dengan belajar ilmu komputer dan keamanan siber. Kemudian, cobalah untuk mengerjakan proyek. Jika kemampuanmu sudah berkembang, kamu bisa mengikuti sertifikasi keamanan siber.

  • Health and Wellness

Health and Wellness menjadi tren karier selanjutnya. Bagaimana tidak? Kini, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat bukan hanya sebatas profesi medis, namun lebih beragam dan menarik. Misalnya, dengan semakin banyaknya topik kesehatan mental yang dibangun melalui media sosial, profesi konselor semakin banyak dicari dan dibutuhkan.

  • Digital Marketing

Profesi digital marketing menjadi profesi yang banyak dilirik oleh fresh graduate. Salah satu alasan orang tertarik pada profesi ini yaitu kesempatan untuk berinovasi dan kebebasan berkreativitas yang diberikan ketika  membuat content. Padahal lebih dari itu, tugas digital marketing meliputi riset pasar, penyusunan strategi, mengelola media sosial, optimasi Search Engine Optimization (SEO) dan lain sebagainya. 

Nah itulah 5 tren karier terkini di era digital. Dengan mengetahui informasi tadi, kamu akan menjadi lebih siap untuk mengembangkan potensi dan keterampilan sesuai dengan kualifikasi posisi. Tentu, itu akan menjadi poin lebih bagi recruiter

Baca juga: Pentingkah Perencanaan Karier Bagi Fresh graduate? Yuk Disimak

Sebenarnya, kunci untuk sukses karier di dunia yang serba cepat ini adalah siap beradaptasi. Oleh sebab itu, kamu harus menambah banyak wawasan terkait dunia kerja, salah satunya yaitu tren karier terkini. 

Oh ya, kamu bisa mencari lowongan tersebut di Karirlink, loh. Yuk langsung lamar kerja!


;